Minggu, 27 November 2011

Elemen-elemen Dasar Laporan Keuangan NERACA



A.   AKTIVA
a.    Aktiva Lancar
-     Kas
-     Surat-surat berharga
-     Piutang
-     Persediaan
-     Beban dibayar dimuka
b.    Aktiva Tidak Lancar
-     Investasi Jangka Panjang
-     Tanah,Bangunan,dan Peralatan
-     Aktiva tidak berwujud
-     Aktiva Jangka panjang lainnya
B.   PASSIVA
a.    Kewajiban
-     Utang jangka pendek
-     Utang jangka panjang
-     Utang biaya
-     Utang wesel
-     Utang penghasilan
b.    Equitas
-     Modal saham
-     Agio
-     Disagio
-     Tambahan modal disetor
-     Laba yang ditahan

1.    Neraca adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi tentang posisi keuangan badan usaha yang terdiri dari atas aktiva,kewajiban,dan ekuitas pada suatu tanggal tertentu.Aktiva mencerminkan sumber daya perusahaan,kewajiban dan ekuitas mencerminkan sumber pendanaan perusahaan.
2.    Aktiva adalah Sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan akibat peristiwa masa lalu dan dari mana manfaat ekonomi di masa depan diharapkan akan di peroleh.
3.    Aktiva Lancar adalah Kas dan sumber-sumber lainnya yang di harapkan dapat diubah atau di konversikan menjadi kas, di jual atau dikonsumsikan dalam waktu satu tahun atau dalam satu siklus operasi,mana yang lebih lama.
4.    Kas  adalah Sejumlah dana yang ada dalam perusahaan diwujudkan dalam bentuk kas, terutama untuk membayar gaji dan rekening-rekening lainnya. Dari sejumlah kas yang dipegang oleh manajer, tidak selruhnya berwujud uang tunai, tetapi berwujud cek yang setiap saat dapat diuangkan di bank .
5.    Surat-surat Berharga adalah Manajer keuangan yang sedang memelihara keseimbangan antara likuiditas dan profitabilitasmempunyai alternatif untuk cenderung memegang jumlah kas yang lebih besar, ia dapat menginvestasikan kas tersebut ke dalam surat-surat berharga yang dapat menghasilkan bunga.
6.    Piutang adalah Segala bentuk tagihan atau klaim perusahaan kepada pihak lain yang pelunasannya dapat dilakukan dalam bentuk uang, barang, maupun  jasa.
7.    Persediaan adalah aktiva yang ditujukan untuk di jual atau diproses lebih lanjut untuk menjadi barang jadi dan kemudian di jual sebagai kegiatan utama perusahaan.
8.    Beban dibayar dimuka adalah Perusahaan sudah mengeluarkan kas,tetapi belum mendapatkan manfaatnya sehingga pengeluaran kas ini bisa diakui sebagai aktiva,bukan beban.
9.    Aktiva tidak lancar adalah aktiva berwujud yang dimiliki oleh perusahaan yang digunakan dalam kegiatan operasi tidak dibeli untuk dijual kembali yang memiliki manfaat lebih dari satu tahun atau satu periode akuntansi dan nilainya material.
10.  Investasi jangka panjang adalah investasi yang dimiliki untuk beberapa tahun, dan tidak dimiliki untuk tujuan didisposisi kembali dalam jangka pendek.


11.  Tanah,bangunan,dan peralatan adalah Kekayaan (properti) yang memiliki sifat tahan lama serta digunakan dalam operasi normal suatu usaha.
12.  Aktiva tidak berwujud adalah aktiva yang tidak memiliki substansi/hakikat fisik dan biasanya memiliki suatu tingkat ketidakpastian yang tinggi sehubungan dengan manfaat di masa mendatang.Hal ini mencakup paten,hak cipta,hak monopoli,nama baik (goodwill),trademarks,tradenames,proses rahasia,dan biaya pendirian organisasi.
13.  Aktiva jangka panjang lainnya adalah item yang mencakup bagian aktiva lain-lain yang digunakan secara luas dalam praktik.
14.  Passiva adalah pengorbanan ekonomis yang harus dilakukan oleh suatu perusahaanpada masa yang akan datang. pengorbanan untuk masa yang akan datang initerjadi akibat kegiatan usaha kewajiban ini dibedakan menjadi utang lancar dan utang jangka panjang.
15.  Kewajiban adalah utang perusahaan masa kini yang timbul dari peristiwa masa lalu, penyelesainnya diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumber daya perusahaan yang mengandung manfaat ekonomi.
16.  Utang jangka pendek adalah Utang ini meliputi semua hutang perusahaan yang diperkirakan akan diselesaikan dalam jangka waktu satu tahun atau kurang dilihat dari tanggal neraca,dengan menggunakan sumber-sumber yang termasuk aktiva lancar,atau dengan menerbitkan hutang lancar baru.
17.  Utang jangka panjang adalah kewajiban kepada pihak tertentu yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih dari satu perioda akuntansi (1 th) dihitung dari tanggal pembuatan neraca per 31 Desember.
18.  Utang biaya adalah biaya yang masih harus dibayar yang masih harus dibayar adalah hutang jangka pendek perusahaan yang timbul karena perusahaan telah menerima jasa dari pihak lain, akan tetapi sampai tanggal neraca balas jasanya belum dilunasi atau diberikan oleh perusahaan.
19.  Utang wesel adalah hutang perusahaan kepada pihak lain yang disertai kesanggupan atau janji formal dari perusahaan untuk melunasinya dalam jangka waktu satu tahun atau kurang dilihat dari tanggal neraca.
20.  Utang penghasilan adalah hutang jangka pendek perusahaan yang timbul karena perusahaan telah menerima pembayaran dimuka atas penghasilan yang belum menjadi hak nya.




21.  Equitas adalah hak residual (nilai sisa) atas aktiva perusahaan setelah dikurangi kewajiban-kewajiban.
22.  Modal saham adalah Nilai nominal atau nilai yang dinyatakan atas saham yang diterbitkan.
23.  Agio adalah Persentase bunga obligasi melebihi tingkat bunga di pasar
24.  Disagio adalah bunga obligasi kurang atau lebih rendah dari tingkat bunga di pasar
25.  Tambahan modal disetor adalah kelebihan jumlah yang dibayarkan diatas nilai nominal atau nilai yang dinyatakan.
26.   Laba yang ditahan adalah laba perusahaan yang tidak dibagikan kepada pemilik.

Elemen-elemen Dasar  Laporan Keuangan
LABA/RUGI

A.   Penjualan
-       Retur Penjualan
-       Diskon Penjualan
-       Persediaan
-       Pembelian
-       Retur Pembelian
-       Diskon Pembelian
-       Harga Pokok Penjualan
B.   Beban
C.   Keuntungan
D.   Kerugian
                                     
1.    Laba/Rugi adalah Laporan yang mengukur kesuksesan operasi perusahaan untuk suatu periode tertentu.



2.    Penjualan adalah  suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pemebeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba.
3.    Retur Penjualan adalah pengembalian barang oleh pelanggan karena barang tertentu yang dikirm rusak atau tidak sesuai pesanan.
4.    Diskon Penjualan adalah potongan yang diberikan kepada pelanggan karena langganan membayar lebih cepat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan untuk mendapat potongan.
5.    Persediaan adalah Bagi perusahaan yang memelihara sejumlah persediaan barang untuk memenuhi permintaan pembeli secara cepat, harus mempunyai sejumlah investasi di situ. Investasi tersebut dapat dilakukan secara terus menerus dalam bentuk persediaan bahan, persediaan barang dalam proses atau barang setengah jadi dan persediaan barang jadi.
6.    Pembelian adalah untuk mengadakan material dan part pada kualitas yang tepat dan kuantitas yang tersedia untuk digunakan dalam operasi pada waktu yang tepat dan tempat yang tepat.
7.    Retur Pembelian adalah untuk mengadakan material dan part pada kualitas yang tepat dan kuantitas yang tersedia untuk digunakan dalam operasi pada waktu yang tepat dan tempat yang tepat.
8.    Diskon Pembelian adalah potongan yang diberikan kepada perusahaan karena perusahaan membayar lebih cepat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan untuk mendapat potongan.
9.    Harga Pokok Penjualan adalah penjualan adalah seluruh biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh barang yang dijual atau harga perolehan dari barang yang dijual.
10.  Beban adalah Penurunan manfaat ekonomi sekarang yang berkaitan dengan penurunan aktiva atau peningkatan kewajiban yang berasal dari kegiatan utama badan usaha.
11.  Keuntungan  adalah Pertambahan ekuitas akibat transaksi yang bukan merupakan kegiatan utama secara kebetulan terjadi pada suatu perusahaan serta akibat transaksi dan kejadian lainnya yang memengaruhi perusahaan selama satu periode tertentu kecuali hasil pendapatan atau investasi yang berasal dari pemilik.


12.  Kerugian adalah Pengurangan ekuitas akibat transaksi yang bukan merupakan kegiatan utama atau secara kebetulan terjadi pada suatu perusahaan serta akibat transaksi dan kejadian lainnya yang memengaruhi perusahaan selama satu periode tertentu kecuali beban dan distribusi kepada pemilik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar